Keputihan Tidak Normal

Keputihan Tidak Normal – Keputihan adalah semua pengeluaran cairan alat genitalia yang bukan darah. Keputihan bukan penyakit tersendiri, tetapi merupakan manifestasi gejala dari hampir semua penyakit kandungan. Oleh karena itu, penyebab utama keputihan harus di cari dengan melakukan anamnesa (wawancara), pemeriksaan kandungan, dan pemeriksaan laboratorium.

Keputihan Tidak Normal

Keputihan Tidak Normal

Masalah Keputihan

Anamnes keputihan (beser putih)
– Sejak kapan terjadniya
– Bagaimana hubungannya dengan menstruasi
– Apakah disertai gatal-gatal
– Apakah berbau
– Apakah disertai gumpalan
– Apakah bercampur darah
– Apakah disertai badan panas
– Apakah disertai nyeri dibagian bawah
– Apakah disertai kontak berdarah
– Apakah sedang hamil
– Pada kemungkinan benda asing dalam vagina

Keputihan fisiologis dijumpai pada keadaan menjelang menstruasi, pada saat keinginan seks meningkat, dan pada waktu hamil. Keputihan bukan penyakit, tetapi gejala dari berbagai penyakit sehingga memerlukan tindak lanjut untuk menegakkan diagnosis melalui :

  1. Pemeriksaan inspekulo
    Pemeriksaan spekulum untuk mencari penyebab keputihan: darimana asal keputihan, bagaimana dengan dinding vagina, bagaimana mulut rahim (portio)
  2. Pemeriksaan laboratorium
    Penyebab keputihan adalah infeksi, benda asing, dan keganasan.

Dengan demikian pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan infeksi yang terjadi pada Keputihan Tidak Normal (trikomonas, kandida albikan,bakteri, spesifik) dan Pap Smear untuk kemungkinan keganasan. Perlu pembinaan kerja sama antara bidan dengan psukesmas agar dapat memberi pelayanan dan pengayoman medis yang lebih bermutu dan menyeluruh.

Bila anda menderita Keputihan Tidak Normal baik keputihan fisiologis (respons tubuh secara normal) maupun keputihan patologis (bukan respons tubuh secara normal), segeralah untuk mengambil tindakan pencegahannya.

Cara Mencegah Keputihan

Adapun cara untuk mencegah Keputihan Tidak Normal adalah sebagai berikut :

  • Mandilah secara teratur dengan menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Bersihkan dengan intens daerah pangkal paha dan lajutkan dengan mencuci area genital arah depan ke belakang.
  •  Hindari penggunaan vaginal douche (cairan pembersih), karena bis amengubah pH vagina. Bersihgkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH disekitar vagina. Disarankan agar pembersih yang anda gunakan terbuat dari bahan susu. Karena pembersih ini mampu menjaga keseimbangan pH, meningkatkan pertumbuhan flora normal, serta menekan pertumbuhan bakteri.
  • Pakailah celana dalam yang berbahan katun dan ganti celana setiap hari.
  • Gunakan celana dalam yang kering. Seandainya celana dalam basah atau lembab, maka segeralah ganti dengan yang bersih dan belum dipakai.
  • Jangan mengenakan celana jeans yang ketat. Karena ini akan merapatkan pori-pori. Sebaiknya anda mengenakan rok atau celana bahan non jeans yang mempermudahkan sirkulasi udara disekitar organ intim.
  • Gunakan panty liner sewaktu bepergian dan lepaskan sepulang dirumah.
  • Jangan memakai sesuatu yang bisa mengiritasi vagina, seperti sabun berparfum, parfum, deodorant, spray atau bedak pengarum.
  • Saat menstruasi, ganti pembalut sesering mungkin.
  • Konsumsi vitamin C 500 mg 2 x1 hari untuk meningkatkan asiditas vagina.

Dibawah ini beberapa obat alami yang bisa membantu dalam mengobati masalah keputihan wanita adalah :

  1. Bawang putih
    Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang bisa membantu dalam membuat masakan lebih sedap. Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah membantu dalam menyembuhkan infeksi yang terjadi akibat dari bakteri dan juga jamur didaerah vagina. Dan cara menggunakan bawang putih sebanyak 1 siung tadi adalah dikupas sampai bersih dari kulitnya kemudian dipotong menjadi 2 bagian. Setelah itu, sebelum tidur letakkanlah potongan dari bawang putih tadi tepat diatas vagina hingga pagi hari.
  2. Kunyit
    Salah satu jenis umbi-umbian yang bisa membantu dalam mengatasi keputihan adalah kunyit. Kunyit mengandung anti bakteri yang sangat berguna dalam membantu menyembuhkan masalah keputihan tidak normal. Umbi kunyit merupakan bagian yang sering digunakan dan dipilih adalah umbi dengan usia yang jauh lebih dari satu tahun. Cara membuat obat keputihan alami dari kunyit adalah ambillah paling tidak 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, dan satu genggam buah asam serta satu potong gula aren. Kemudian semua bahan-bahan tadi direbus dengan menggunakan 1 liter air yang sudah mendidih setelah itu saringlah. Minumlah air dari rebusan tadi sebanyak 1 gelas dalam sehari.
  3. Daun sirih
    Obat keputihan alami lainnya adalah daun sirih. Daun sirih bisa dibuat sebagia ramuan keputihan alami dengan cara merendam  daun sirih secukupnya saja ke dalam air kurang lebih selama 1-2 jam. Air rendaman daun sirih tadi digunakan untuk mencebok vagina. Obat alami yang terbuat dari daun sirih juga selain membantu mmencuci vagina untuk mencegah terjadinya keputihan maka juga bisa diminum dengan direbus terlebih dahulu.
  4. Akar bayam
    Cara mengobati keputihan yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan menggunakan akar bayam. Tumbuhan ini mengandung kandungan anti bakteri yang sangat kuat yang bisa membantu dalam membunuh bakteri yang jahat yang ada di dalam vagina dan juga bsia membantu dalam mengatasi atau mengobati infeksi yang menjadi penyebab keputihan pada wanita. Selain itu, akar bayam juga digunakan sebagai jus. Kemudian jus ini diminum paling tidak 2 kali dalam sehari.

Itulah informasi mengenai keputihan wanita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Keputihan Tidak Normal

Leave a Reply