Keputihan Yang Tidak Normal

Keputihan Yang Tidak Normal – Keputihan sebenarnya adalah suatu mekanisme keluarnya cairan dari vagina selain menstruasi.  Sebagian besar wanita tentu pernah mengalami  keputihan dan keputihan itu seringkali menimbulkan ketakutan yang sebenarnya tidak perlu pada seorang remaja. Ketakutan tersebut biasanya timbul karena menghubung-hubungkan keputihan dengan penyakiy-penyakit tertentu. Padahal keputihan bisa terjadi disebabkan oleh faktor-faktor fisiologis yang sebenarnya normal pada seorang wanita.

Keputihan Yang Tidak Normal

Keputihan Yang Tidak Normal

Keputihan yang Tidak Normal

Keputihan yang disebabkan oleh faktor-faktor fisiologis ini biasanya terjadi saat wanita berada dalam kondisi tertentu, misalnya kelelahan, stres, maupun saat mendapat rangsangan seksual. Dalam kondisi tersebut, kelenjar bartolini yang berada pada vagina akan bekerja lebih aktif sehingga menimbulkan terjadinya keputihan.

Sebenarnya keputihan memang ada dua macam, yaitu keputihan normal yang disebabkan oleh faktor-faktor fisiologis dan keputihan tidak normal yang disebabkan oleh faktor patologis. Pada keputihan yang tidak normal biasanya akan mucnul keluhan-keluhan seperti adanya rasa gatal yang  berlebihan, munculnya bau-bau tak sedap, dan adanya perubahan warna cairan yang pada awalnya berwarna putih bening berubah menjadi lebih keruh, bahkan bisa berlanjut menjadi kekuningan dan kehijauan. Jika sudah terjadi perubahan warna maka keputihan ini telah menjadi suatu infeksi dan bisa sangat berbahaya. Oleh sebab itu, keputihan seperti itu harus cepat-cepat diatasi agar tidak terjadi gangguan di kemudian hari.

Perlu diingat, penggunaan obat untuk mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal harus sesuai dengan penyebab dari keputihan tersebut. Misalnya keputihan yang disebabkan oleh jamur, tentu harus diobati dengan obat keputihan oleh jamur. Jika keputihan terjadi karena jamur tetapi diobati dengan obat keputihan oleh virus misalnya, bukannya sembuh justru dapat menimbulkan masalah yang lebih serius lagi yang harus diwaspadai oleh seorang wanita mengenai keputihan. Keputihan yang berlangsung dalam waktu lama dapat mengganggu organ-organ kewanitaan dan jika dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan terjadinya salah satu faktor kemandulan. Oleh sebab itu, keputihan yang tidak normal sebaiknya segera disembuhkan.

Cara Mengatasi Keputihan yang Tidak Normal

Hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah keputihan tidak normal adalah :

  1. Melakukan douching
    Pembersuhan dengan cara menggunakan douching setelah selesai menstruasi bsia membantu membunuh bakteri yang sangat merugikan yang ada di dalam vagina. Dengan menggunakan cara ini maka sebaiknya Anda melakukannya dengan dokter yang sudah ahli karena jika terjadi suatu kesalahan maka akan turut juga dalam membunuh bakteri yang bermanfaat yang ada di dalam vagina.
  2. Sebaknya jangan gunakan parfum dan jangan gunakan panty liner yang mengandung kandungan parfum untuk vagina. Tujuan dari produk ini memang untuk membuat vagina harum namun sebaliknya malah akan menimbulkan terjadinya suatu iritasi pada kulit yang terjadi didaerah sekitar vagina.
  3. Jangan gunakan pembalut selama sepanjang hari. Disaat Anda sedang mengalami siklus haid, maka sebaiknya gantilah pembalut Anda sesering mungkin. Karena pembalut merupakan sarang kuman atau menjadi sarang bakteri unutk bisa membuat vagina mengalami gangguan.
  4. Jangan menggunakan bedak pada vagina karena hal ini akan memicu terjadinya suatu iritasi pada vagina. Cuaca yang ada di Indonesia sendiri cenderung panas dan hal ini akan membuat vagina menjadi lebih panas dan menjadi lebih gerah sehingga pada akhirnya membuatnya menjadi lebih lembab. Untuk membantu menghilangkan kelembapan vagina maka sebianya mandilah dan gunakanlah bedak khusus vagina.
  5. Jangan gunakan pakaian atau juga jangan menggunakan celana yang terlalu ketat karena akan mengakibatkan organ intim wanita lebih lembab. Jika organ intim wanita lebih lembab maka akan menimbulkan bakteri menjadi hidup dengan lebih mudah lagi dan bisa mengakibatkan vagina gatal. Sebaiknya gunakanlah pakaian dalam dengan bahan dasarnya adalah katun. Celana dalam yang terbuat dari bahan katun sangat baik dalam menyerap keringat sehingga akan membantu membuat vagina Anda menjadi lebih nyaman juga.
  6. Untuk mencuci vagina maka sebaiknya gunakanlah sabun khusus yang bisa membantu dalam merawat vagina. Dan sebaiknya hindari pemakaian dari parfum dan juga sikat. Selain itu, mandi merupakan salah satu cara alami yang bisa membantu dalam membersihkan anggota tubuh dengan lebih menyeluruh.
  7. Jika Anda senang melakukan oral seks, maka sebaiknya kondisi lidah dan mulut tetap dalam keadaan baik. Dan jika menggunakan jari, maka pastikanlah terlebih dahulu dalam keadaan bersih.

Cara mengatasi keputihan wanita selain dengan melakukan cara diatas, cara alami yang bisa membantu mengatasi vagina gatal dan keputihan adalah dengan menggunakan bahan alami seperti : 10 lembar daun beluntas, sepotong kayu rapet yang kira-kira panjangnya adalah sekitar 5-6 cm, dan kayu rapet yang dipilih adalah sejenis dengan pulasari, satu batang temu kunci, serta kunir sepotong ujung kelingking, dan juga sepotong temulawak sebesar jari kelingking juga.
Cara membuat adalah : irislah tipis temu kunci dan juga temulawak dan juga kunir. Setelah itu masukkanlah ke dalam panci yang berisi sekitar 2 mangkok bersih. Dan kemudian rebuslah hingga mendidih setelah itu tunggulah sampai air yang tersisa adalah ½ mangkuk saja. Kemudian angkat dan saring. Minumlah air ramuan ini paling tidak selama 10 hari berturut-turut. Keputihan akan hilang jika Anda minum secara teratur ramuan ini.

Keputihan Yang Tidak Normal

Leave a Reply